Mewah yang murah di Bali

Dulunya saya mengganggap Bali sebagai tempat wisata yang terlalu mainstream dan saya ga habis pikir kenapa orang bisa seneng banget ke Bali lagi dan lagi. Sebut aja karma karna omongan sendiri, tapi faktor kerjaan yang mengharuskan saya ke Bali bisa sekali (bahkan dua kali) sebulan, sekarang saya malah nagih sama Bali sampai kepingin pindah ke sana. Maklum, dulu taunya Bali itu cuman Kute sama Legian doang, yang isinya kebanyakan adalah turis Aussie bersendal jepit dengan kaos Bintang dan celana pendek jalan-jalan sambil megang bir Bintang. Mana dulu juga pernah kejadian lagi jalan trus ketemu temen bule waktu kuliah di Aussie dalam keadaan persis seperti yang saya gambarin barusan. Ilfil sama Bali yang identik dengan bule-bule berkaos bintang jalan di Kute atau Legian? Bener banget… Tapi itu jaman dulu, sebelum saya kenal yang namanya daerah-daerah seperti Seminyak, Jimbaran dan Uluwatu.

Bali memang cukup unik karna menawarkan banyak hal dari panorama, budaya, makanan dan lain-lain. Tapi yang membuat Bali bisa menyerap semua jenis turis, mau itu backpacker dengan budget pas-pasan sampai traveller dengan budget yang ga mengenal istiah budget itu sendiri, adalah konsep everything for everyone yang ditawarkan Bali. Mo travelling yang super murah di Bali pilihannya banyak. Atau kalau mau hidup mewah semewah-mewahnya di Bali juga ada; semuanya balik lagi ke budget masing-masing. Yang saya sangat suka dari Bali adalah banyaknya pilihan akomodasi dengan harga yang bermacam-macam yang memungkinkan seseorang itu bisa ngerasain kemewahan dengan harga yang relatif murah. Orang asing paling tajir pun bisa ngedapetin kemewahan-kemewahan yang dia dapatin dengan liburan di Eropa atau mungkin di Hawaii dengan lebih murah di Bali.

Di sini saya ga akan ngomongin akomodasi mewah di Bali dengan harga mahal, tapi lebih ke gimana caranya ngedapetin fasilitas yg tergolong mewah tanpa harus ngebayar dengan harga yang terlampau ‘wah’ juga. Kalo nginep di Hotel Bvlgari dengan harga villa 3 kamar paling mahalnya sekitar USD 8,500 per malam, udah menjadi ekspektasi orang yang membayar untuk ngedapetin fasilitas seperti misalnya butler service, kolam renang pribadi ukuran standar atau bahkan view sunset paling baik di Bali. Tapi kalo yang kita incar adalah akomodasi yang ada kolam renang pribadi, dengan bayar USD 150 aja sebenarnya kita udah bisa dapetin fasilitas yang mewah. Apakah private pool ga termasuk dalam kategori mewah? Pastinya iya. Tapi kalo bayar untuk akomodasi yang harganya USD 150, sementara ada tempat lain yang nge-charge lebih berkali-kali lipat, bukannya harga USD 150 ini termasuk relatif murah? Pasti. Yang jelas harga USD 150 ga akan ngedapetin kamar atau vila dengan ukuran 1,300 meter persegi seperti layaknya di Villa Buvlgari, tapi USD 150 sudah cukup untuk sebuah vila satu kamar di daerah Seminyak dengan plunge pool atau kolam renang mini pribadi. Coba aja search di Agoda.com dan cari vila seperti misalnya Astana Batubelig Villa, Dipan Resort, atau Bhavana Private Villas.

Seandainya kita kekeuh maunya vila dengan kolam renang dan pemandangan laut, harga USD 150 masih tetap memungkinkan, tapi jangan cari di daerah Seminyak. Coba ke daerah Amed yang memang cukup jauh, sekitar 2 jam perjalanan dari bandara. Ini bukan pengamalan saya pribadi, tapi pengalaman teman baik saya yang baru beberapa bulan kemarin ini ngerasain nginep di Villa Aquamarine di Amed. Harga kurang lebih USD 100 untuk villa 2 kamar, dengan infinity pool, pemandangan laut serta akses privat ke pantai. Villa Aquamarine juga meyediakan pembantu yang akan datang untuk membuatkan sarapan dan membersihkan kamar. Kalo saya pribadi sih kurang suka dengan dekornya yang perpaduan design kontemporer dengan aksen Bali (secara saya pencinta modern-minimalis), tapi kalau melihat fasilitas yang ditawarkan, harga USD 100 itu rasanya murah banget.

Di saat yang bersamaan saya juga ngerti kalo definisi murah buat orang Indonesia jelas beda dengan orang asing, dan USD 100 – 150 per malam untuk sebuah vila bisa jadi kelampau mahal buat orang Indonesia. Untungnya kalau di Bali, saking banyaknya persaingan, mereka yang bergerak di bidang perhotelan terus berusaha menawarkan fasilitas serta servis terbaik dengan harga yang kompetitif.

Cari akomodasi untuk grup sekitar 4 orang yang bagus di daerah Seminyak tapi ga mau mahal? Seminyak Town House menjadi pilihan yang cukup populer buat banyak orang asal Jakarta karna lokasinya di Jalan Nakula yang berjarak sekitar 10 menit jalan kaki dari Jalan Raya Seminyak. Untuk unit 2 kamar dengan dekor kontemporer dan ruang tamu yang luas, ada LCD TV dengan cable TV dan DVD player, ada area dapur dengan meja makan untuk 4 orang, view ruang keluarga menghadap ke kolam renang, dan karna unitnya 2 lantai, kamar tidurnya letaknya di lantai atas sehingga cukup memberikan privacy. Town House 2 kamar ini harganya di kisaran IDR 700,000 per malam. Artinya kalau berempat cukup bayar kurang dari IDR 200,000 per orang.

Info soal hotel ataupun vila di Bali kebanyakan saya dapatkan dari browsing di Agoda.com dan sisanya dari WOM (word of mouth). Kalau saya travelling ke kota-kota lain di Indonesia, udah pasti akan pilih hotel yang masuk dari bagian chain hotel internasional karna saya udah tau apa yang bisa diharapkan dari segi standar kenyamanan dan kualitas. Istilahnya udah tau bayar apa dapetnya apa. Tapi rasanya bener-bener cuman di Bali kita bisa bayar yang standar tapi ngedapetin yang ‘lebih’, mau itu kamar hotel ataupun vila. Dan di Bali, harga kamar premium di sebuah hotel bintang 3 atau 4 bisa menawarkan fasilitas dan servis yang melebihi kamar standar di sebuah resor bintang lima. Dan kalo buat saya pribadi, rasa puas lebih terasa ketika saya bisa nemuin vila dengan harga USD 150, dibandingkan pengalaman saya pernah ngedapetin satu malam menginap gratis di kamar standar Hotel W Seminyak yang harganya bisa USD 450++ per malam.

This post is also available in English.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: